Skip to main content
search

© Copyright 2022 - Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS

Kamis, 3 Agustus 2023 Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS bekerjasama dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah – ‘Aisyiyah (FPPTMA) Korwil Jateng Utara Timur & Barat menyelenggarakan Kegiatan Workshop dengan tema “Analisis Bibliometrik”. Kegiatan workshop ini diselenggarakan secara daring yang berlangsung dari pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. Kegiatan ini selain dihadiri oleh civitas akademika UMS dan anggota FPPTMA, juga dihadiri oleh pustakawan dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Kegiatan workshop diawali dengan sambutan dari Ibu Irkhamiyati, S.IP, M.IP selaku Ketua Umum FPPTMA Jawa Tengah. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa FPPTMA telah mencanangkan Pekan Literasi yang sudah diawali pada tanggal 1 Agustus 2023 dengan workshop website dengan SEO friendly di UAD dan workshop kedua mengenai penulisan blog di Unisa Yogya. Meskipun pada saat ini mungkin blog sudah mulai ditinggalkan tetapi tetap mempunyai keunikan tersendiri sebagai media bagi pustakawan ataupun siapa saja yang senang menulis dan mempostingnya. Hari ini Workshop yang ketiga dengan tema Analisis Bibliometrik di selenggarakan oleh Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS. Dari analisis bibliometrik ini banyak yang bisa kita petik, seperti akan mengetahui trend dari sebuah subjek penelitian ataupun dapat membuat maping penelitian. Puncak Pekan Literasi FPPTMA dengan PIC Unisa Yogyakarta adalah adanya lomba menulis blog dengan kategori dosen, tendik, mahasiswa dan umum. Hal ini merupakan kesempatan untuk mengasah dan meningkatan kompetensi pustakawan agar tidak hanya bergelut pada kegiatan rutinitas.

Selanjutnya, sambutan yang kedua sekaligus membuka acara Workshop Analisis Bibliometrik disampaikan oleh Kepala Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS, Ibu Maria Husnun Nisa, S.Sos, MA. Beliau menyampaikan bahwa workshop analisis bibliometrik merupakan rangkaian dari pekan literasi FPPTMA. Tema workshop ini diangkat karena Bibliometrik merupakan salah satu dari metode penelitian karya ilmiah yang sedang ngetrend pada saat ini. Analisis Bibliometrik ini akan sangat bermanfaat terutama bagi civitas akademika perguruan tinggi yang tidak terlepas dari penelitian.

Narasumber pada acara Workshop Analisis Bibliometrik hari ini adalah Ibu Lis Setyowati, S.Sos., M.A. Beliau adalah seorang Pustakawan Fakultas Teknik Undip, pengelola jurnal Teknik dan jurnal FPPTI. Acara ini dimoderatori oleh pustakawan Universitas ‘Aisyiyah Surakarta (AISKA) yaitu Bapak Dedy Setiawan, A.Md. Ibu Lis Setyowati, S.Sos., M.A menjelaskan bahwa topik yang akan dieksplorasi pada workshop kali ini adalah science mapping menggunakan bibliometrika. Beberapa poin yang menjadi topik diskusi diantaranya pengantar bibliometrika, langkah-langkah melakukan analisis bibliometrika, metode analisis bibliomatrika, dan analisis bibliometrika menggunakan tools bibliometrika. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang disambut dengan sangat antusias oleh peserta sehingga karena terbatasnya waktu tidak semua pertanyaan terakomodir. Terdapat doorprize menarik bagi peserta penanya terpilih berupa souvenir dari Perpustakaan dan Pusat Layanan Digita UMS. Kita tinggal didunia akademis yang sifatnya sangat dinamis, jadi kiranya kita semua bisa mengikuti perkembangan zaman, karena kalau kita tidak belajar maka kita akan tertinggal jauh sementara tuntutan dunia kerja kita semakin tinggi sehingga diharapkan apa yang disharingkan hari ini menjadi tahapan awal untuk belajar lebih banyak lagi, tutup Ibu Lis Setyowati, selaku Narasumber. (Penulis: Suansah, S.Pd)

Leave a Reply