Skip to main content
search

© Copyright 2022 - Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS

Senin, 17 dan 31 Juli 2023 – Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS telah meresmikan Program UMS Library Corner dimana program ini memiliki tujuan untuk mendorong peningkatan kerjasama antara perpustakaan UMS dan sekolah dalam kegiatan literasi, menghadirkan Perpustakaan UMS yang lebih dekat kepada Amal Usaha Muhammadiyah/Binaan Muhammadiyah sekaligus melakukan promosi perpustakaan sebagai tempat yang asyik dan nyaman untuk belajar. Selain mendorong peningkatan kerjasama dengan sekolah dalam kegiatan literasi, juga mengajak para siswa-siswi untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi terkait sarana pembelajaran guna meningkatkan daya intelektualitas siswa-siswi di sekolah.

Dalam kesempatan besar ini Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital Universitas Muhammadiyah Surakarta melakukan kerjasama dengan 2 sekolah AUM/Binaaan Muhammadiyah sekaligus yaitu SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan SMP Muhammadiyah 7 Bayat, Klaten. Terlihat para siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan para siswa-siswi SMP Muhammadiyah 7 Bayat Klaten sangat antusias atas hadirnya UMS Library Corner.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Surakarta merupakan kepala sekolah berpendidikan S3 dengan perolehan gelar Doktor tercepat dan termuda se-Indonesia, yaitu Ibu Dr. Rahayuningsih, S.Pd, M.Pd, beliau tiga kali menyandang guru berprestasi, mengatakan bahwa “dengan hadirnya UMS Library Corner ini dapat membangun semangat bagi siswa-siswi di Lingkungan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dalam belajar maupun untuk mendorong literasi mereka”, tak hanya itu salah satu guru di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta juga mengatakan bahwa “tempat ini menjadi tempat nyaman untuk bersantai di kala jam istirahat”. UMS Library Corner juga memberi kenyamanan ruang baca bagi kalangan para siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sesuai kategori literasi membaca bagi anak-anak kalangan sekolah menengah ke atas yang berprinsip mengutamakan daya intelektualitas pada anak-anak remaja yang diberikan oleh Perpustakaan UMS kepada para siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.

Kepala Sekolah dari SMP Muhammadiyah 7 Bayat, Bapak Haryono, S.Pd. menyampaikan bahwa “Program Kerjasama antara SMP Muhammadiyah 7 Bayat dengan Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS berupa program UMS Library Corner ini sudah sangat dinanti sekali, karena program ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi karena mereka akan menemukan tempat nyaman baru untuk belajar dan membaca buku, karena sejauh ini Perpustakaan di tempat kami masih jauh dari kata bagus dan layak”. Bapak Haryono juga menambahkan bahwa harapannya kerjasama seperti ini tidak putus dan akan sangat menanti sekali bentuk kerjasama lainnya untuk waktu kedepannya. Selain itu, harapan dari kerjasama ini tidak hanya membantu meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan dari kalangan para siswa-siswi tetapi juga bisa membantu memanfaatkan sarana dari kerjasama ini sebagai bentuk wujud pengabdian peningkatan literasi, sumber informasi dan sarana peningkatan daya intelektualitas para siswa-siswi SMP Muhammadiyah 7 Bayat, Klaten.

Penulis : Khoirudin Nur Wahid & Nabila Andina K. P.
Editor : Kurnia Utami

Leave a Reply