Skip to main content
search

© Copyright 2022 - Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS

Surakarta, 3 Oktober 2024 – Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerjasama dengan Badan Pusat Standarisasi Nasional (BSN) mengadakan Knowledge Sharing mengenai Peran Standardisasi dalam Perguruan Tinggi : Strategi, Peluang dan Tantangan yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 11.55 WIB di Ruang Siti Badilah Meeting and Discussion. Kegiatan ini dihadiri oleh 58 peserta, termasuk mahasiswa dan sivitas akademika UMS.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Khoirudin Nur Wakhid sebagai master of ceremony, dilanjutkan dengan laporan kegiatan SNI Corner oleh Maria Husnun Nisa, S.Sos., M.A., Kepala Perpustakaan UMS. Prof. apt. Dr. Muhammad Da’i, M.Si., Wakil Rektor II, resmi membuka acara tersebut.

Tiga narasumber memberikan pemaparan materi yang bermanfaat. Zul Amri, Kepala Pusat Data dan Informasi BSN, menjelaskan pentingnya standardisasi dan penilaian kesesuaian dalam meningkatkan mutu pembelajaran di perguruan tinggi. Minanuddin, Pustakawan Ahli Madya, membahas standardisasi sebagai referensi dalam pendidikan dan bisnis. Sementara itu, Nihayati, Pustakawan Ahli Muda, menguraikan SNI Corner sebagai sumber informasi terkait standardisasi. Sesi dilanjutkan dengan tanya jawab, di mana peserta yang aktif berinteraksi mendapatkan merchandise sebagai apresiasi.

Zul Amri menyampaikan harapan dari kegiatan ini agar standarisasi dapat diterapkan secara luas, membantu nilai ajuan, dan menjadikan bisnis lebih sehat serta melindungi konsumen. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara BSN dan UMS untuk meningkatkan penerapan standarisasi di Indonesia.

Dengan diadakannya diskusi ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam penyusunan, penerapan, dan pengembangan standar pendidikan dan penelitian bagi mahasiswa serta sivitas akademika di UMS. (Rika f -A310210115)