Skip to main content
search

© Copyright 2022 - Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS

Surakarta – 28 September 2024 – Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sukoharjo mengadakan pelatihan agen pojok statistik bagi duta perpustakaan UMS. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB ini dilaksanakan di Ruang Siti Badilah Meeting and Discussion dan diikuti oleh 18 Duta Perpustakaan UMS, serta didampingi oleh 5 staf perpustakaan.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Nurul Choiriyati, S.ST, MM, Kepala BPS Kabupaten Sukoharjo, dilanjutkan oleh Maria Husnun Nisa, S.Sos., M.A., Kepala Perpustakaan UMS. Selanjutnya, peserta mendapatkan pemaparan materi dari beberapa narasumber. Resti Amalia, S.ST, menjelaskan tentang penyelenggaraan kegiatan statistik, Laelatul Qomariah, S.ST, membahas pengenalan indikator statistik, dan M. Khusni Fajar, S.ST, menjelaskan layanan statistik. Hesmiyati, S.Si, M.Si, mengupas tentang pojok statistik, sementara Mulatsih Mahambari, S.ST, memberikan wawasan mengenai pembuatan infografis dan videografis. Sebagai bentuk apresiasi, peserta yang menghasilkan infografis menarik akan mendapatkan top-up dana dan merchandise.

Hesmiyati, S.Si, M.Si, Statistisi Ahli Muda BPS Kabupaten Sukoharjo, menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan bekal literasi statistik kepada agen pojok statistik agar mereka dapat menyebarluaskan informasi ini kepada mahasiswa lainnya. “Kegiatan hari ini berjalan sesuai harapan, materi disampaikan tepat waktu, dan peserta sangat antusias mengikuti acara,” ungkapnya.

Ipung Juniyanti, salah satu Duta Perpustakaan UMS, berbagi pengalamannya dengan mengatakan, “Tujuan mengikuti pelatihan ini adalah untuk lebih mengenal data statistik dan dapat menyampaikannya kepada mahasiswa lainnya. Manfaat kegiatan ini sangat besar, karena menambah ilmu baru dan materi yang disampaikan sangat menarik.”

Dengan adanya pelatihan agen pojok statistik ini, diharapkan Perpustakaan UMS dapat berfungsi sebagai pusat literasi statistik yang efektif, serta mendukung penyebaran data BPS yang bermanfaat bagi mahasiswa dan sivitas akademika (Rika f -A310210115)