Skip to main content
search

© Copyright 2022 - Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS

Sabtu, 27 Juli 2024 – Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Pelatihan dan Belajar bersama Pemanfaatan Zotero bagi Pustakawan UMS, sebuah perangkat lunak manajemen referensi yang populer di kalangan akademisi. Acara ini berlangsung mulai pukul 08.15 di ruang internet lantai 1 Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS.

Acara ini dibuka oleh Kepala Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS, Maria Husnun Nisa, S.Sos., M.A. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya peningkatan keterampilan pustakawan dan mengikuti perkembangan berbagai sistem serta aplikasi pendukung riset. “Setiap pustakawan harus mampu memberikan materi pelatihan kepada sivitas akademika,” ujar Maria Husnun Nisa.

Pemateri dalam acara ini adalah Hanun Adlan, S.IP., Staf Layanan Referensi dan Periodikal Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS. Hanun Adlan menjelaskan bahwa Zotero cenderung lebih fleksibel dibandingkan dengan Mendeley. “Sementara Mendeley menawarkan integrasi yang baik dengan berbagai fitur penelitian dan sosial, namun dengan model bisnis yang lebih komersial,” jelasnya. Ia menambahkan bahwa Zotero bisa menjadi alternatif terakhir jika penulis mengalami kendala dalam pembuatan sitasi menggunakan mendeley.

Menurut Hanun, kelebihan dan kelemahan Zotero dan Mendeley bergantung pada kebutuhan spesifik pengguna dan preferensi pribadi. “Pemahaman mendalam tentang kedua alat ini akan membantu pengguna memilih yang terbaik sesuai kebutuhan mereka,” tutup Hanun.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pustakawan dalam memberikan dukungan yang lebih baik kepada sivitas akademika, serta memperkaya pengetahuan mereka tentang alat-alat manajemen referensi yang dapat mendukung kegiatan riset di UMS. nnf190/Ai