Breaking News
Home / news / WORKSHOP PENGELOLAAN REPOSITORY INSTITUSI

WORKSHOP PENGELOLAAN REPOSITORY INSTITUSI

WORKSHOP PENGELOLAAN REPOSITORY INSTITUSI

DAN MUSYAWARAH WILAYAH FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH ‘AISYIYAH (FPPTMA)

WILAYAH JAWA TENGAH

 

A. PENDAHULUAN

Karya ilmiah sivitas akademika termasuk tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi merupakan dokumen khas Universitas dan mempunyai nilai tinggi untuk peningkatan mutu pendidikan dan penelitian berkelanjutan. Agar karya ilmiah tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal maka perlu untuk dihimpun, disimpan, dilestarikan dan disebarluaskan sehingga perlu dikelola dengan baik.

Perpustakaan sebagai pusat informasi merupakan lembaga yang tepat untuk mengelola karya-karya ilmiah tersebut. Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat juga berdampak pada tempat penyimpanan karya ilmiah Universitas. Munculnya software untuk pengelolaan karya ilmiah yang biasa disebut repository institusi merupakan keuntungan tersendiri bagi perpustakaan karena repository institusi adalah sebuah arsip online untuk mengumpulkan, melestarikan dan menyebarluaskan file digital hasil karya ilmiah sivitas akademika. Sehingga dengan repository ini akan semakin memudahkan perpustakaan untuk mengelola karya ilmiah.

Kerjasama antar Perpustakaan baik Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Daerah dll. sangat penting dan dibutuhkan dalam rangka berkolaborasi saling melengkapi dan memanfaatkan guna mendukung pengembangan perpustakaan yang lebih maju dan modern. Melalui kerjasama antar perpustakaan, diharapkan dapat mengatasi keterbatasan yang dimiliki masing-masing perpustakaan, sehingga pemustaka bisa mengakses berbagai sumber informasi lebih luas. Jejaring perpustakaan juga meningkatkan kualitas SDM dan layanan perpustakaan, karena lewat jejaring bisa saling berbagi pengetahuan

dan pengalaman untuk peningkatan dan pengembangan perpustakaan. Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (FPPTMA) merupakan jejaring yang dibentuk antar Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Melalui forum ini dibangun kerjasama dan silaturahmi untuk meningkatkan kualitas Perpustakaan baik dari segi sumber daya manusia, layanan dan inovasi-inovasi perpustakaan. Ditilik dari pola perbaikan yang berketerusan (incremental improvement), pengembangan perpustakaan masih akan terus berhadapan dengan tantangan modernisasi selanjutnya. Strategi dan prosedur pengembangan perpustakaan yang efektif dan efisien menjadi perlu dikaji dan disertai sharing knowledge dari praktek baik yang ada (good practices). Pengelolaan repository institusi di Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah dinilai masih belum merata. Ada yang sudah berjalan cukup baik, ada yang biasa saja, ada yang baru berjalan bahkan masih ada pula yang belum dikelola sama sekali.

Sejalan dengan amanat Musyawarah Nasional FPPTMA pada Maret 2017 di Solo dan juga Rapat Kerja Nasional pada September 2017 di Malang, maka perlu dibentuk kepengurusan dan program kerja di tingkat wilayah. Oleh karena itulah dalam rangka pembentukan kepengurusan dan rencana program kerja yang sistematik dan berkesinambungan perlu diadakan Musyawarah Wilayah FPPTMA wilayah Jawa Tengah Utara, Timur dan Barat. Oleh karena itu Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerjasama dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (FPPTMA) berencana mengadakan “Workshop Pengelolaan Repository Institusi dan Musyawarah Wilayah FPPTMA Bagian Jawa Tengah Utara, Timur dan Barat.

B. TUJUAN

Workshop dan Musywil ini bertujuan untuk :

1. Meningkatkan Pengelolaan Repositori di lingkungan PTMA

2. Meningkatkan Kerjasama antar PTMA

3. Membentuk Kepengurusan FPPTMA Wilayah

4. Rekomendasi Program Kerja terkait Pengembangan Perpustakaan PTMA

C. NARASUMBER

Narasumber dalam Workshop ini adalah:

1. Gunawan Ariyanto, Ph.D ( Pakar IT, Pengembang Eprints & DSpace, Dosen Teknik Informatika)

2. Tim IT UMS dan Perpustakaan UMS

D. WAKTU DAN TEMPAT

Workshop dan Musywil ini akan diselenggarakan pada:

Hari, Tanggal : Senin, 5 Februari 2018

Tempat : R. KKI Perpustakaan UMS Lt. 1

E. PESERTA

Workshop dan Musywil ini akan dihadiri oleh:

1. Pimpinan Perpustakaan PTMA

2. Pustakawan/Tenaga IT PTMA

F. Penutup

Besar harapan kami kegiatan ini akan memberikan kontribusi di seluruh peserta workshop pada khususnya dan memberikan kontribusi berkembangnya perkembangan perbaikan pengelolaan repository institusi di seluruh Perpustakaan Perguran tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisiyah.

About perpus