Breaking News
Home / info / Web Repository UMS Menempati Rangking 3 Se-Indonesia

Web Repository UMS Menempati Rangking 3 Se-Indonesia

Pada edisi Juli 2015, web repository “ Universitas Muhammadiyah Surakarta Digital Library” menempati posisi ke 3 Se-Indonesia dan ranking 6 se- Asia Tenggara dalam “Ranking web of Repositories” versi webometrics. Bahkan untuk PTS Web repository ini menempati ranking 1 se-Indonesia.

Web repository ini diukur dari 4 hal yakni size, visibility, files rich dan scholar. Size atau Ukuran Website, yaitu jumlah halaman yang terindeks oleh empat mesin pencarian utama yaitu : Google, Yahoo, Live Search dan Exalead. Visibility Website, yaitu: jumlah keseluruhan tautan ekternal yang unik dan terdeteksi oleh Google search, Yahoo Search, Live Search and Exalead.

Rich Files atau banyaknya dokumen, yaitu: banyaknya file yang terdeteksi, khususnya file yang memiliki tingkat relevansi terhadap aktivitas akademik dan publikasi ilmiah, Scholar (Sc) atau Kepakaran, yaitu: paper atau karya ilmiah dan kutipan-kutipan yang ditemukan dalam Google Scholar.

Pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras tim repository Perpustakaan UMS dalam memperbaiki dan meningkatkan sistem repository sehingga web repository UMS berhasil kembali menduduki posisi ke-3 Se-Indonesia.

Mudah-mudahan dengan pencapaikan ini repository UMS semakin lebih baik untuk diakses dan semakin bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan. (husnun)

Repositories UMS

About perpus