Breaking News
Home / event / Visitasi Akreditasi Perpustakaan UMS oleh Tim Asesor Perpustakaan Nasional RI

Visitasi Akreditasi Perpustakaan UMS oleh Tim Asesor Perpustakaan Nasional RI

Library Ums_Akreditasi1Pada hari Kamis, 2 April 2015 Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta menerima visitasi dalam rangka akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Tim asesor terdiri dari 3 orang yakni Drs. Supriyanto, M.Si.; Drs. Nurcahyono, SS., M.Si. yang keduanya dari Perpustakaan Nasional serta Drs. B. Mustafa, M.Lib. dari Perpustakaan IPB.

Acara dimulai pada pukul 08.00 dengan agenda penyambutan asesor oleh Pimpinan Universitas yang berlangsung di ruang sidang Rektorat Kampus I UMS. Hadir pada penyambutan ini Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta Prof. Dr. Bambang Setiaji; didampingi Wakil Rektor I Dr. Muhammad Da’I; Wakil Rektor II Sardjito, PhD.; Kepala Perpustakaan UMS Mustofa, SE dan Seluruh pimpinan Perpustakaan serta Kepala Perpustakaan sebelumnya, Dr. Moordiningsih, M.Si.Psi.

Dalam sambutannya Bapak Rektor menyebutkan bahwa Perpustakaan merupakan fasilitas penunjang yang sangat penting, karena bisa mendorong situasi akedemik yang dinamis dan kreatif. Hal senada juga disampaikan Bapak Wakil Rektor I yang mengungkapkan bahwa Perpustakaan merupakan unit yang sangat penting di Universitas. Oleh karena itu Universitas berkomitmen untuk terus mengembangkan Perpustakaan supaya lebih berkembang baik dari segi SDM, Layanan maupun fasilitas.

Sementara tim asesor dalam sambutannya menyampaikan bahwa akreditasi ini merupakan proses pembinaan Perpustakaan Nasional dalam rangka pengembangan. Dengan terakreditasinya Perpustakaan bisa mendorong dan memberi nilai tambah dalam akreditasi program studi. Dan diharapkan pula perpustakaan yang sudah terakreditasi dalam satu kota mampu membina dan memberikan pengembangan ke perpustakaan-perpustakaan lainnya. Tim asesor juga memohon izin kepada Pimpinan Universitas untuk melakukan visitasi dan verifikasi di Perpustakaan UMS.

Library Ums_Akreditasi 3

Acara dilanjutkan visitasi ke Perpustakaan UMS yang berada di Kampus II. Di Perpustakaan acara diawali dengan presentasi profil Perpustakaan UMS oleh Kepala Perpustakaan Mustofa, SE dan Kabag Perencanaan dan Pengembangan Sistem Maria Husnun Nisa, S.Sos. M.A. Dalam pemaparannya beliau berdua menyampaikan tentang sejarah berdirinya Perpustakaan UMS, dukungan dan komitmen Universitas, SDM yang dimiliki, prestasi yang telah dicapai, beragam koleksi dan layanan-layanan yang dimiliki, serta standar pengelolaan yang dipakai. Masih dalam presentasi disampaikan pula layanan-layanan unggulan yang bisa dimanfaatkan para pemustaka serta rencana strategis perpustakaan ke depan. Dalam penutupan presentasi, disampaikan pula bahwa proses akreditasi ini merupakan salah satu usaha Perpustakaan UMS dalam mengembangkan Perpustakaan yang lebih maju dan professional, karena komponen-komponen yang dinilai dalam akreditasi sudah mencakup semua aspek dalam pengelolaan Perpustakaan. Acara kemudian dilanjutkan dengan proses tanya jawab seputar Perpustakaan UMS.

Setelah selesai tanya jawab, acara diteruskan dengan proses verifikasi data. Pada proses verifikasi ini tim asesor membagi ke dalam 3 kelompok. Kelompok pertama bersama Bapak Drs.B. Mustafa, M.Lib memverifikasi komponen Layanan, Kerjasama dan Koleksi. Kelompok kedua dengan Bapak Drs. Supriyanto, M.Si. memverifikasi komponen Pengorganisasian Materi Perpustakaan, Sumber Daya Manusia, Gedung/Ruang, sarana prasarana. Sedangkan kelompok ketiga bersama Bapak Nurcahyono, S.S. M.Si. memverifikasi komponen Anggaran, Manajemen Perpustakaan dan Perawatan Koleksi.

Selepas sholat dhuhur dan makan siang, acara dilanjutkan dengan peninjauan, keliling Perpustakaan UMS disertai wawancara kepada beberapa staf dan pemustaka. Menjelang pukul 14.30 tim asesor kembali ke ruangan dan menyampaikan rekapan sementara hasil assessment. Kemudian acara diakhiri dengan kata penutup dan ucapan terima kasih dari Kepala Perpustakaan.

Semoga dengan adanya akreditasi ini Perpustakaan UMS menjadi lebih baik, berkembang dan lebih profesional. Aaamiiin (red: Husnun)

About perpus