Breaking News
Home / news / USER EDUCATION USAI: Saatnya meraih prestasi dengan IPTEK

USER EDUCATION USAI: Saatnya meraih prestasi dengan IPTEK

USER EDUCATION 2017 TELAH SELESAI

User Education (UE) 2017 telah selesai, akan memberikan warna bagi mahasiswa baru yang telah mengikutinya. UE sebagai program Perpustakaan UMS untuk mengenalkan lebih dekat tentang dan apa perpustakaan itu. Memberikan bekal pemahaman dan teknis agar mahasiswa mampu mengakses lebih optimal perpustakaan untuk memenuhi keperluan akademik dan lain-lain. Karena perpustakaan hadir tidak hanya sekedar menyajikan bahan untuk proses pembelajaran, namun membawa peran sebagai wadah untuk berkreasi melalui keinginan dan bakat yang di miliki oleh pemustaka. Kendala besar yang sering dijumpai oleh mahasiswa dalam upaya meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam menemukan dan menggunakan informasi adalah banyaknya mahasiswa yang belum tahu atau bahkan sama sekali tidak memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar tentang teknik pemberdayaan (penggunaan) perpustakaan. Hal ini akan semakin tampak jelas saat metode pembelajaran di kalangan dosen terkadang tidak mengarah kepada penggunaan perpustakaan yang efektif dan efesien.
Untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa baru dalam menemukan dan menggunakaan informasi yang ada di perpustakaan, perlu diadakannya kegiatan pendidikan pemakai (User Education). Kegiatan ini akan sangat membantu tidak hanya bagi mahasiswa baru, tetapi juga sangat membantu petugas perpustakaan dalam usahanya memberikan bimbingan pemustaka dalam memberdayakan perpustakaan secara lebih optimal. Dengan kata lain kegiatan ini mampu memberikan bekal kemampuan dan ketrampilan yang akan dipakai mahasiswa selama dia belajar di sepanjang hidupnya.

Tujuan

1. Menanamkan sekaligus mewujudkan prinsip belajar sepanjang hayat (Long Life Educations)

2.Memberikan ketrampilan pada pemustaka (users) untuk dapat memanfaatkan seluruh layanan yang ada di perpustakaan secara mandiri

3. Membuka wawasan pengetahuan pemustaka (mahasiswa) perpustakaan tentang jenis informasi dan fasilitas belajar mengajar yang ada di Perpustakaa

4. Menciptakan dan menjalin komunikasi yang aktif dan positif dengan pemustaka

5. Memotivasi pemustaka untuk menggunakan sumber referensi yang ada di perpustakaan.

Peserta kegiatan user education ini merupakan mahasiswa baru S1 Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan tahun 2017 dari semua program studi yang ada kecuali program studi Kedokteran Gigi karena terkndala tempat dan waktu. Selama 19 hari pelaksanaan kegiatan User Education ini diikuti kurang lebih 5463 mahasiswa baru kurang sedikit dari target yang telah direncanakan yaitu 5500 dari 8121 orang mahasiswa baru yang terdaftar pada tahun 2017, atau sudah mencapai 67,3%.

Melalui kegiatan User Education ini diharapakn mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Surakarta dapat menjadikan perpustakaan sebagai sumber referensi yang utama dan dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di perpustakaan dengan sebaik-baiknya dan dapat melalukannya secara mandiri.

 

Oktober 2017

Tiem Perpustakaan UMS

 

About perpus