Breaking News
Home / news / Rapat Koordinasi FPPTMA Wilayah Jateng Utara

Rapat Koordinasi FPPTMA Wilayah Jateng Utara

IMG20181030095512Library.ums - Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (FPPTMA) wilayah Jateng Utara melaksanakan rapat koordinasi di Perpustakaan UMS, Selasa (30/10/18). Acara dihadiri oleh seluruh anggota FPPTMA wilayah Jateng Utara dengan ketuanya M. Firdaus Charis Nursecha, S.Hum dari Universitas Muhammadiyah Semarang. Rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk konsolidasi organisasi dan membicarakan pelaksanaan program kerja yang sudah disusun oleh pengurus.

Dalam sambutannya, Ketua FPPTMA wilayah Jateng Utara menyampaikan susunan pengurus, perlunya revisi untuk penambahan pengurus yang belum merata di wilyah Jateng Utara, serta dana dari FPPTMA Pusat ke Korwil FPPTMA Jateng Utara dan pembuatan anggaran. Ketua forum memperkenalkan satu persatu pengurus dan bidangnya. Ada tambahan anggota baru dari Stikes Muhammadiyah Tegal dan Politeknik Muhammadiyah Tegal. Jumlah anggota FPPTMA Korwil Jateng Utara sampai Oktober 2018 berjumlah 15 perguruan tinggi.

Rapat yang dimulai pukul 09.30 WIB tersebut membahas program kerja yang ber-impact bagi peningkatan kualitas perpustakaan di wilayah Jateng Utara. Pokok-pokok penting dalam pelaksanaan program kerja yang berkelanjutan diantaranya mulai dari sistem repositori. Setiap perpustakan harus memiliki sistem repositori yang unggul. Langkah yang dilakukan adalah mengadakan pendataan dan pendampingan pada perpustakaan yang diprioritaskan untuk dibantu.

Selain sistem repositori institusi, rapat koordinasi juga membahas program kerja yang lain, yaitu pendampingan otomasi perpustakaan, penyeleggaraan Training of Trainer (ToT) Literasi yang disesuaikan dengan kebutuhan perpustakaan, peningkatan kualitas SDM terutama dalam bidang menulis, sertifikasi pustakawan, dan peningkatan kerjasama. Pendampingan otomasi perpustakaan dikhususkan bagi yang belum menjalankan otomasi di perpustakaannya.

Pada sesi pembahasan program kerja dibuat beberapa agenda kegiatan yang menjadi prioritas dalam bentuk time line dengan rentang waktu catur wulan. Setiap empat bulan ada agenda kegiatan, sehingga program kerja FPPTMA wilayah Jateng Utara segera terlaksana. (Nnf190)

IMG-20181030-WA0021IMG20181030095305IMG-20181030-WA0010

About perpus