Breaking News

Profile Perpustakaan

Sejarah

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berdiri sejak tanggal 18 September 1958, bersamaan dengan berdirinya IKIP Muhammadiyah Surakarta, sebagai cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Seiring dengan perubahan status IKIP Muhammadiyah Surakarta menjadi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Perpustakaan UMS juga mengalami perkembangan yang cukup berarti. Terbukti dengan semakin banyaknya perubahan yang terjadi dalam rangka memajukan diri. Beberapa perubahan tersebut meliputi gedung, fasilitas, dana, pengelolaan dan jumlah koleksi yang terus bertambah dalam jumlah judul dan eksemplarnya, serta ragam ataupun jenis koleksinya.

Demikian juga dengan sistem sentralisasi yang telah berubah ke sistem desentralisasi. Perpustakaan UMS yang dulu hanya satu-satunya perpustakaan di lingkungan UMS, saat ini dengan beberapa perpustakaan fakultas dan perpustakaan unit penunjang yang lain semakin banyak memiliki peluang untuk mengembangkan diri secara lebih baik dan optimal, dalam rangka mewujudkan perpustakaan online yang mampu mengikuti perkembangan informasi di dunia informasi, khususnya dalam dunia pendidikan.

Dengan menempati sebuah gedung berlantai empat dengan luas kurang lebih 4000 meter persegi sejak Februari 1994, banyak kemajuan yang telah dicapai oleh Perpustakaan UMS. Perhatian yang cukup serius dari pimpinan UMS dan semangat kerja yang tinggi dari tenaga pengelola, mampu mengantarkan Perpustakaan UMS untuk berubah menjadi perpustakaan yang modern, yaitu perpustakaan yang didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi dalam usaha mendukung kegiatan proses belajar mengajar (fungsi edukatif) di UMS secara lebih lebih efektif dan efisien, dengan hasil akhir yang optimal.

 Pelatihan KOHA perpus UMS
Sejak dari awal keberadaanya, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta telah mengalami beberapa kali pergantian kepemimpinan, yakni :

Tahun ……. – 1989 : Drs. Sujadi
Tahun 1989 – 1992 : Drs. Bambang Raharjo
Tahun 1992 – 1994 : Drs. Djoin Sunaryo
Tahun 1994 – 1997 : Drs. Bambang Setiaji, M.A.
Tahun 1997 – 1997 : Sri Padmantyo, S.E., M.P.A.
Tahun 1997 – 2001 : Drs. Maryadi, M.A.
Tahun 2001 – 2001 : Drs. Wahyono, Akt., M.A.
Tahun 2001 – 2006 : Dra. Hj. Anissa Setyawati
Tahun 2006 – 2008 : Gunawan Ariyanto, ST.,M.Comp.Sc.
Tahun 2008 – 2010 : Denny Vitasari, ST., M.Eng.Sc.
Tahun 2010 – 2015 : Dr. Moordiningsih M.Si. Psi`.
Tahun 2015 – Sekarang : Mustofa, SE

Visi

Menjadi pusat pengelola dan penyebaran informasi yang berbasis teknologi informasi guna mendukung pelaksanaan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta pengembangan ilmu dan nilai-nilai keislaman.

Misi

  1. Meningkatkan kemampuan mengelola dan meyebarkan informasi guna mendukung kebutuhan informasi bagi civitas akademika di UMS.
  2. Meningkatkan kemampuan mengelola dan menyebarkan informasi atas kekayaan ilmiah yang dimiliki oleh UMS.
  3. Menunjang sistem jaringan informasi baik diantara perpustakaan perguruan tinggi atau perpustakaan lain di tingkat nasional, dan internasional.
  4. Mengelola dan menyebarkan informasi tentang perkembangan islam di Surakarta dan sekitarnya.

Tujuan

  1. Menyediakan dan mengupayakan ketersediaan akses informasi yang mendukung proses belajar-mengajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan memanfaatkan kemampuan teknologi informasi.
  2. Mendokumentasikan dan menyebarluaskan hasil sivitas akademika dengan memanfaatkan kemampuan teknologi informasi.
  3. Mengupayakan terwujudnya jaringan informasi di lingkungan perpustakaan perguruan tinggi muhammadiyah atau perpustakaan lain di tingkat nasional dan internasional.
  4. Mendokumentasikan dan menyebarluaskan informasi tentang perkembangan islam, dengan memanfaatkan kemampuan teknologi informasi.

Fungsi

  1. Sebagai sumber informasi dan layanan program pendidikan dan pengajaran;
  2. Sebagai sumber informasi dan layanan program penelitian;
  3. Sebagai sumber informasi dan layanan program pengabdian pada masyarakat yang berwacana keislaman;
  4. Sebagai Media rekreasi alternatif bagi civitas akademika perguruan tinggi.