Breaking News
Home / event / Pelatihan TOT INFORMASI LITERASI

Pelatihan TOT INFORMASI LITERASI

TOT LiterasiBertempat di ruang Internet Lantai 1 Perpustakaan UMS pada Sabtu 22 November 2014  Jam 12.00 – 16.15 WIB diadakan Pelatihan TOT Informasi Literasi yang diikuti oleh seluruh pustakawan di UMS. Pelatihan TOT Informasi Literasi ini disampaikan oleh pustakawan dari UI yakni Bapak Purwono, M.Hum. Pelatihan sedianya diselenggarakan mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Akan tetapi berhubung ada pengunduran jadwal penerbangan pada pembicara sehingga pelatihan baru dapat dilaksanakan pada pukul 12.00 – 16.15 WIB. Pelatihan ini lebih menekankan pada pengalaman praktis pembicara sebagai pustakawan pada Bagian Rujukan Perpustakaan Universitas Indonesia. Beliau meyampaikan bahwa:

  1. Pada umumnya layanan rujukan di suatu perpustakaan itu sepi peminat atau sepi pengunjung. Keadaan ini harus disiasati dengan strategi yang berbeda.
  2. Kegiatan promosi perlu mendapat perhatian dari pustakawan agar keberadaan suatu layanan dapat diketahui oleh pemustaka untukTot Literasi 2 kemudian dapat dimanfaatkan. Beliau berpesan dalam promosi ini agar pustakawan tidak mengabaikan “Word of Mouth” baik dalam mempromosikan suatu layanan maupun mempromosikan diri pustakawan kepada penggunanya/ pemustaka. Word of Mouth atau dalam bahasa jawanya “Gethok Tular” pada pemustaka adalah suatu pengalaman personal berkaitan dengan bentuk layanan perpustakaan maupun terkait dengan citra pustakawannya itu sendiri yang kemudian menyebar ke suatu level pengguna yang luas atau bahkan sangat luas. Ini yang terjadi pada berkembangnya citra positif Bapak Purwono sebagai pustakawan yang digemari tidak saja oleh penggunanya tetapi juga sesama kolega yakni sesama pustakawan.
  3. Untuk materi TOT Informasi Literasi Bapak Purwono menyampaikan berbagai teknik dan trik dalam penelusuran berbagai sumber informasi yang tersedia secara online

Dilaporkan : Siti Nuzilah

About perpus