Breaking News
Home / event / Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan

Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan

SAM_9128Pada hari Jumat tanggal 21 November 2014 di Ruang Internet lantai 1 Perpustakaan UMS diselenggarakan Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan. Acara ini diikuti oleh 12 mahasiswa PBSID-FKIP UMS (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta) beserta salah seorang dosen dari program studi tersebut. Para peserta ini tidak memiliki latar belakang pendidikan perpustakaan. Kegiatan ini dimaksudkan agar peserta pelatihan mampu melakukan pengelolaan sederhana atas koleksi yang dimiliki oleh program studi tersebut. Kegiatan pelatihan berlangsung sbb.:

  1. Dimulai pada pukul 08.00 dengan acara pembukaan oleh Kepala Perpustakaan UMS Ibu Dr. Moordiningsih, Msi.Psi.
  2. Pukul 08.15-09.00: Para peserta pelatihan mengikuti materi Administrasi dan Inventarisasi Koleksi. Materi ini disampaikan oleh Ibu Gatiningsih, SIP.
  3. Pulul 09.00-10.30: Peserta pelatihan mengikuti materi Katalogisasi yang disampaikan oleh Ibu Siti Nuzilah. Berhubung alokasi waktu yang tersedia amat terbatas, sedangkan target pada sesi ini adalah peserta pelatihan dapat menemukan data katalog suatu koleksi dan entri data katalog pada SIM KOHA (SIM yang digunakan di Perpustakaan UMS) maka materi yang diajarkan pada sesi ini adalah:
  • Diskripsi Bibliografi
  • Sekilas tentang Entri Utama dan Entri Tambahan
  • Sekilas tentang Tajuk Subyek.
  • Sekilas tentang Klasifikasi.
  • Copy data katalog pada KDT (Katalog Dalam Terbitan) atau pada KIN Perpusnas atau pada perpustakaan yang lain.
  • Praktek Entry data katalog pada SIM KOHA.

4. Pukul 10.30-11.15: Peserta mengikuti materi Finishing yang disampaikan oleh Bapak Edy Suparno. Materi ini berisi tentang bagaimana mencetak label buku dan barcode buku atas buku-buku yang telah di-entry pada SIM KOHA oleh peserta pelatihan pada sesi sebelumnya.

SAM_9125Saran:

Pelatihan pengelolaan perpustakaan yang hanya dilaksanakan selama ± 3 jam tentu sangatlah tidak memadai. Untuk itu Perpustakaan UMS menyarankan kepada peserta pelatihan dari PBSID-FKIP UMS ini untuk:

  1. Seyogyanya setelah selesai pelatihan ini segera diikuti dengan installasi SIM KOHA pada Pusat Koleksi PBSID-FKIP UMS. Hal ini untuk membiasakan para peserta pelatihan melakukan entry data katalog ke SIM KOHA sebagaimana yang telah diajarkan pada pelatihan pada hari Jumat 21 November 2014 tersebut.
  2. Seyogyanya para peserta pelatihan mengagendakan magang di Perpustakaan UMS untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang pengelolaan perpustakaan maupun membiasakan diri bekerja dengan SIM KOHA.(Nuzilah)

About perpus