Breaking News
Home / news / PELATIHAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN

PELATIHAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN

pelatihan-manajemen-perpustakaan

Pelatihan ini ditujukan bagi semua SD/MI Muhammadiyah yang berada di wilayah Kota Surakarta dan sekitarnya (Boyolali, Klaten, Sragen, Karanganyar, dan Sukoharjo. Acara yang berlangsung pada 1-2 Maret 2013 pukul 08.00 – 15.00 WIB di Ruang Diskusi Perpustakaan UMS Lantai 3, diikuti oleh kurang lebih 50 orang peserta yang berasal dari berbagai wilayah di eks karesidenan Surakarta. Materi pelatihan meliputi Manajemen Perpustakaan, Pengolahan Bahan Pustaka (inventarisasi, Klasifikasi, dan katalogisasi), Sirkulasi, dan Pengenalan Otomasi Perpustakaan.
Peserta sangat antusias sekali mengikuti acara ini, terbukti mereka cukup serius dan bersungguh-sungguh dalam mendengarkan beberapa materi yang disampaikan oleh para pemateri.
Banyak hal yang ditanyakan oleh peserta terkait dengan pengelolaan perpustakaan di sekolah. Seperti bagaimana harus membedakan koleksi antara koleksi perpustakaan sekolah dan koleksi perpustakaan kelas, bagaimana menentukan nomor klas dari setiap judul, dan masih banyak lagi. Selain itu pertanyaan-pertanyaan seputar bagaimana memulai otomasi perpustakaan di perpustakaan sekolah juga banyak ditanyakan oleh peserta.

Selain tambahan ilmu dan wawasan baru tentang perpustakaan, peserta mendapatkan fasilitas Stater Kit, Modul, Konsumsi, dan sertifikat. Beberapa masukan diberikan oleh peserta terkait dengan tindak lanjut acara  pelatihan ini. Beberapa masukan yang sempat di sampaikan oleh beberapa peserta adalah adanya pelatihan lanjutan misal pelatihan tentang otomasi perpustakaan, juga adanya pendampingan di setiap sekolah oleh pihak Perpustakaan UMS untuk mewujudkan perpustakaan yang memenuhi standar baku perpustakaan sekolah.

Semua usulan peserta diterima, ditampung dan dijadikan bahan masukan dan pertimbangan di kegiatan sejenis di masa yang akan datang dalam rangka merealisasikan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat.

Selamat Perpustakaan UMS. Semoga kegiatan mulia ini akan membawa berkah yang tak akan habis untuk sesama.

About banin_it