Breaking News
Home / news / PELATIHAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS IT

PELATIHAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS IT

MENJAWAB KEKINIAN DAN KEDISINIAN

IMG20180515090357 IMG20180515112842

 

 

 

 

 

 

Perpustakaan sebagai pusat informasi merupakan lembaga yang harus menjadi perhatian yang serius agar mampu memberikan peran optimal sebagai penyedia informasi yang tepat, cepat dan akurat. Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat memberikan dampak pengelolaan yang berbeda pula. Perpustakaan harus mampu mengadopsi teknologi informasi untuk pengelolaan yang lebih berdaya guna sebagaimana masyarakat menjadikan teknologi informasi menjadi bagian dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Strategi dan prosedur pengembangan perpustakaan yang efektif dan efisien menjadi perlu dikaji dan disertai sharing knowledge dari praktek baik yang ada (goodpractices). PerpustakaanUniversitasMuhammadiyahSurakarta(UMS) ingin melaksanakan rekomendasi dari ForumPerpustakaanPerguruan Tinggi Muhammadiyah‘Aisyiyah (FPPTMA) untuk menjembatani perpustakaan-perpustakaan sekolah Muhammadiyah dengan mengadakan “Pelatihan Manajemen Perpustakaan sekolah berbasis IT (menjawab kekinian dan kedisinian) ” untuk Sekolah Muhammadiyah se Solo Raya bekerjasama dengan Dikdasmen Muhammadiyah se Solo Raya.

Peserta pelatihan ini adalah pengelola perpustakaan SMA/SMK Muhammadiyah Se Solo Raya yang berjumlah sekitar 35 orang.

Kegiatan di laksankan di R. Diskusi Perpustakaan UMS berlangsung pada Selasa15 April 2018 mulai pukul 08.00 s/d 14.30 WIB. Narasumber pelatihan/workshop ini adalah

  1. Bapak Drs. Lasa Hs, M.Si Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah materi yang akan diberikan adalah mengenai Manajemen Perpustakaan
  2. Tim Pustakawan Perpustakaan UMS dengan materi mengenai Otomasi Perpustakaan dan
  3. Ibu Wijayanti Kepala Perpustakaan SMA Muhammadiyah I Yogyakarta yang akan sharing mengenai pengelolaan perpustakaan di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta.

Antusiasme peserta pelatihan sangat tinggi, mereka sangat memerlukan follow up kegiatan dengan di kemudian hari dengan membawa pengalaman yang perlu di sharingkan satu dengan yang lain, saling mengisi dan melengkapi.

 

About perpus