Breaking News
Home / event / Carilah Ridho Allah Semata

Carilah Ridho Allah Semata

kajian,ums,libraryPengajian Kelompok H UMS pada hari   Senin /26 Januari 2015, bertempat di Perpustakaan UMS tepatnya di Ruang Diskusi Perpustakaan UMS. Dalam Pengajian yang bertemakan “Ridho Allah dan Tugas Hidup Manusia”  diikuti oleh rekan-rekan dari Fakultas Psikologi, Pasca Sarjana, dan perpustakaan.  Prof.Dohack Latief sebagai pemateri menerangkan bahwa  tugas hidup itu terdiri dari:
•    Halal yang berarti selalu berada di jalan yang halal
•    Health yakni sehat jasmani maupun rohani
•    Happiness yaitu bahagia
Ketiga hal diatas perlu diterapkan, untuk mendapatkan ridho dari Allah Subhanu wa ta’ala. Dengan mendapatkan ridho Allah maka urusan manusia akan dimudahkan oleh Allah. Dengan mengambil dasar dari Al-Qur’an Surat Muhammad ayat 7 yang artinya”

“hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong Agama Allah, niscaya Allah akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”.

Ridho yang berarti rela atau berkenan merupakan nilai hidup tertinggi. Sedangkan nilai hidup sendiri bermakna hal-hal yang berharga, dan untuk mencapai nilai hidup tertinggi (Ridho Allah SWT) , kita harus siap mengorbankan nilai hidup lain yang berada di bawahnya.
Beberapa ciri orang yang ridho kepada Allah diantaranya;

  1. Jujur
  2. Memelihara kehormatan, karena kehormatan diri akan hancur karena beberapa masalah seperti  seksual, jabatan dan harta.
  3. Amanah
  4. Terhindar dari 3 penyakit, yakni Kesombongan, kedengkian dan keserakahan.
  5. Berdo’a hanya kepada Allah semata.

Sedangkan ukuran hidup yang bahagia menurut beliau diantaranya:

  1. Hidup Sederhana yang berarti jumlah pengeluaran itu menyesuaikan penghasilan, oleh karena itu jangan mudah untuk berhutang.
  2. Mempunyai Harapan Masa Depan (Optimis)
  3. Selalu mempunyai hati yang diliputi rasa cinta (artinya mau berkorban)
  4. Hidup Berkah, bersifat kualitatif yang tidak dihitung dengan uang, yaitu dengan bersedekah disaat mendapatkan rezeki yang lebih dari Allah.

Acara yang diikuti tidak kurang dari 20 orang itu berakhir sekitar jam 9 lebih sedikit. Mari kita introspeksi diri kita, sudah kah kita mendapat ridho dari Allah terhadap setiap yang kita lakukan sehingga hidup kita lebih bahagia?? (red:Husnun)

About perpus