Breaking News
Home / info / BUDAYAKAN 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin)

BUDAYAKAN 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin)

 

Ruang kerja yang dipelihara dengan baik menjadikan pekerjaan menyenangkan, mudah, dan bertambah cepat. Salah satu cara memelihara tempat kerja adalah dengan memindahkan barang yang sudah tidak diperlukan lagi dan menjaga kebersihan dengan cara menyimpan barang ditempat yang sesuai secara rapi untuk memudahkan pengambilan. Tidak hanya setelah pekerjaan selesai, tetapi juga selama pekerjaan berlangsung. Jaga agar benda-benda disekitar anda tetap rapi dan teratur untuk menjaga agar lingkungan kerja selalu bersih dan rapi. Penting memang memiliki sikap kerja yang baik dan menjaga tempat kerja keseharian kita. Seperti yang disebutkan dalam sebuah hadist yang banyak dihafal oleh hampir seluruh umat muslim bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

Di Universitas Muhammadiyah Surakarta, kebersihan menjadi salah satu program universitas yang dikenal dengan Program 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin). Budaya menjaga kebersihan ini berlaku untuk semua unit dan fakultas yang ada. Tak terkecuali unit perpustakaan, yang juga menerapkannya di berbagai area yang ada. Berbagai kegiatan dilakukan untuk menjaga kebersihan. Selain mempertahankan lingkungan yang go green, memasang rambu Budayakan 5R di hampir setiap sisi ruangan dilakukan perpustakaan untuk menjaga lingkungan agar selalu bersih.

Selain itu, menjadi tempat yang paling nyaman bagi mahasiswa dan dosen dalam berkegiatan ilmiah (The Most Comfortable Place in UMS) adalah keinginan besar yang coba diwujudkan. Bukan hal yang mustahil seandainya perpustakaan menjadi jawara 1 di Kompetisi 5R yang diadakan setiap tahun oleh panitia dies natalis UMS, setelah di tahun sebelumnya meraih jawara 2. Semoga.

About banin_it