Breaking News
Home / news / Assesment ulang (re-akreditasi) Perpustakaan UMS

Assesment ulang (re-akreditasi) Perpustakaan UMS

verifikasi-online_covid-660x330dsdsdsdsd

UMSLibrary -Pada Sabtu 27 Juni 2020 Perpustakaan Unversitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan assesment ulang (re-akreditasi) oleh Perpustakaan Nasional RI. Assesment ulang (re-akreditasi) ini perlu dilakukan untuk mengetahui konsistensi Perpustakaan dalam menjadi kualitas layanan sesuai dengan standar yang ada. Selain itu assesment ulang (re-akreditasi) ini juga untuk mengetahui perkembangan layanan serta pencapaian yang telah dilakukan selama kurun waktu empat tahun sebelumnya. Setelah sempat mengalami beberapa kali pengunduran jadwal pelaksanaan yang salah satunya dikarenakan adanya pandemi covid-19, akhirnya assesment ulang berhasil dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom.

 Assesment ulang secara daring ini, diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh Rektor UMS Prof.Sofyan Anif, M.Si., Wakil Rektor I bidang akademik dan kerjasama Prof. Dr. Muhammad Da’i, M.Si. Apt., Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Hari Prasetyo, P.Hd., Kepala Perpustakaan UMS Mustofa, S.E. dan para pustakawan UMS. Dalam sambutannya, Rektor UMS menyampaikan tentang komitmen dan dukungan pimpinan perguruan tinggi terhadap berbagai upaya kegiatan pengembangan yang telah dilakukan perpustakaan. Prestasi UMS saat ini yang mampu menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia versi UniRank, tidak lepas dari peran dan kontribusi perpustakaan, sebagai salah satu komponen pendukung yang ada di perguruan tinggi. Usai pembukaan, acara assesment dilanjutkan dengan presentasi dan pemutaran video profil Perpustakaan UMS.

Asesor yang bertugas pada assesment ulang ini adalah Drs. Supriyanto M.Si, Dra. Sri Sularsih, M. S., dan Drs. Sudirwan Hamid, M.H. Verifikasi bukti fisik dibagi dalam 3 kelompok, dimana masing-masing kelompok dilakukan dalam 1 meeting room sendiri-sendiri. Kelompok I untuk komponen koleksi dan sarana prasarana, verifikasi bukt ifisik dengan Asesor Drs. Sudirwan Hamid, M.H. Kelompok II untuk komponen layanan dan Sumber Daya Manusia (SDM), dengan Asesor Dra. Sri Sularsih, M.Si., dan kelompok III untuk komponen penyelenggaraan, pengelolaan, dan komponen penguat, verifikasi bukti fisik denganAsesor Drs. Supriyanto, M.Si.

Selain melakukan verifikasi bukti fisik dari 6 komponen, para asesor juga melakukan peninjauan ruangan, layanan dan sarana prasarana perpustakaan secara daring.  Dipandu oleh pustakawan senior UMS Maria Husnun Nisa, S.Sos.,M.A dan Ken Retno Yuniwati, S.IP, asesor diajak untuk melakukan Library Tour secara daring kesemua lantai yang ada di perpustakaan berikut layanan dan fasilitas yang ada di dalamnya.

Di akhir acara assessment ulang, tim asesor menyampaikan resume skor akhir penilaian sementara. Berdasarkan hasil verifikasi bukti fisik, pengamatan data, dan peninjauan kondisi di lapangan secara daring, tim asesor menyampaikan bahwa Perpustakaan UMS mencapai skor nilai yang baik.

Kepala Perpustakaan UMS menyampaikan bahwa apa yang sudah dicapai oleh Perpustakaan UMS hingga saat ini merupakan upaya bersama seluruh staf, yang tidak pernah berhenti untuk terus berkreasi dan berinovasi. Alhamdulillah, semoga mendapatkan hasil yang maksimal dan barokah. Aamiin(kry)

IMG_6858IMG_6869Akreditasi 2IMG_6912IMG_6902IMG_6904IMG_6908IMG_6930IMG_6965IMG_6977

About perpus